Welcome to our site

Selamat datang di Dompet Preman. saran dan catatan sesat @tarapujantara menuntut anda berfikir dua kali untuk mencobanya.ingat! tulisan ini dibuat untuk menyadarkan anda dari hipnotis rommy rafael *lhoh #okeskip. selamat menikmati suguhan dari saya. salam Recehan!!!

Cara Mahasiswa Menghemat Uang Saku

Sabtu, 20 Desember 2014



Cara Mahasiswa Menghemat Uang Saku

Assalamualaikum ya.. hoho.. gimana kabarnya? Balik lagi nih gue man. Buat ngasih saran sesat gue dan ngasih lo informasi yang akurat, cerdas dan bermanfaat buat tetangga lo. Kali ini gue mau bahas apa yang diderita sama banyak temen gue, khususnya buat Sidiq temen gue yang sekarang jadi anggota baru atau newbie di KMTBK (Kelompok Mahasiswa Telat Bayar Kos) -__- 

Biasanya mahasiswa itu identik dengan kos-kosan. anak SMA yg mau lulus tuh banyak banget yang mengharapkan bisa tinggal di kos-kosan waktu kuliah. sama kayak gue, gue dulu motivasi kuliah cuma biar bisa hidup dikos-kosan. hidup bebas, tidur gak ada yang ganggu, begadang gak ada yang marahin, dan gak usah ngumpet-ngumpet dulu kalo mau nangisin mantan #eh.

Kalo udah jadi anak kos, awal-awalannya pasti bahagia banget. Hawanya pengen ngajakin semua temen main ke kosan, pengennya semua temen bisa ngerasain pup di jamban kos gue. Ya kan? Iya dong... tapi itu semua akan musnah dalam jangka waktu paling lama 3 bulan, setelah itu... angker. Iya, kosan jadi angker.. karena bapak kos ngejar2 mulu suruh bayar kosan.

Telat bayar kos, bahkan sampe nunggak. Ini sebenernya masalah klasik anak kost. Masalah ini sebenernya udah ada sejak jaman firaun masih SMP. Cuma baru tenar pas firaun beranjak SMA. #apasih. Sebenernya lo bisa aja bayar kos tepat waktu, tapi hidup lo harus di hemat-hemat. Nah, disini gue mau ngasih saran buat lo semua, khususnya mahasiswa, biar bisa menghemat uang saku lo. Di perhatiin baek-baek ya... 

Yang pertama adalah perkecil pembelian barang. Belilah barang yang lo butuhin aja. Jangan beli yang gak lo butuhin sama sekali. Ini biasanya terjangkit di mahasiswi, lo harus nahan buat beli barang yang lo gak butuhin. Contohnya : lo lagi liat DP BBM temen lo, dia jual wajan bentuknya hello kitty. Karena lo suka banget sama tokoh kucing yang gak punya mulut itu, lo langsung beli wajan itu, padahal dikosan lo gak ada dapur. Malah gak ada kompor juga.. trus mau diapain tu wajan? Mau dibuat selancar di jamban? -__- 

Yang kedua, kurangi naek kendaraan motor pribadi. Lo kan mahasiswa man, pasti kebanyakan dari lo semua pake kendaraan kan? Nah. Uang bensin juga harus di hemat. Untuk menghemat bensin, lo lebih baik nebeng temen lo. Suruh jemput ke kosan lo, pake alesan yang berkualitas. gini contohnya:

*chating Line*

Pardi :  “bro, gue mau ngomong sma lo

Kawiyo :  “ngomong apaan par?”

Pardi :  “gue sebenernya udah mau ngomong sama lo dari dulu bro..”

Kawiyo : “ngomong apaan sih? Serius banget.” *mulai penasaran*

Pardi : “gue mau ngomong tapi lo jangan marah ya..”

Kawiyo : “ih, kenapa sih lo par? Iya gue kagak marah.. apaaan!!?” *emosi menggebu gebu, rasa penasaran dicampur perasaan takut kalo berbincangan ini ujung2nya pengungkapan cinta pardi ke kawiyo*

Pardi : “emm.. Gue sebenernya.. Gue..”

Kawiyo : “Anj*ng..! lo cinta sama gue? Lo sayang sama gue??” *keceplosan saking takutnya*

Pardi : “iya bro, tp tenang aja. Gue kagak bakal cinta sama sayang lo lagi kalo lo mau nganterin gue ke kampus”

Kawiyo : “aaaaaaak, oke oke.. gue anterin lo. Tp lo harus janji, boncengnya jangan mepet-mepet” *keringet dingin*

Pardi : “oke babyyy..”

Kawiyo : *muntah samsung galaxy note 4*
 
Nahhhhh,.. itu dia alesan yang paling manjur kalo menurut gue. Biar lo ngirit bensin man. Apalagi bensin sekarang udah naek. Lo harus bisa muter otak lo biar lo berguna. paling enggak berguna buat diri lo sendiri.

Saran gue yang ketiga kalo lo mau menghemat uang saku lo.. lo harus, harus apa ya.. lupa kan gue. Bentar. . . . . lo harus jadi manusia yang paling berguna dari temen temen lo. Nah lo harus jadi Jasa buat temen-temen lo. Lebih tepatnya penyedia jasa. Jasa apaaa?? Ya jasa buat beliin makan temen-temen lo. Belom jelas maksud gue man? Nih gue kasih contohnya:

*Di kampus jam makan siang*

Kawiyo : “Laper nih bro, ke kantin yok makan..”

Pardi : “.......” *clingak-clinguk

Juned : “ayok coy, gue juga laper nih..” *megangin perut*

Aziz : “ sama nih gue juga..” *megang titit* #eh

Pardi : “tapi panas banget bro, tuh liat aja jalanan udah kayak tempat bara bakaran sate bro”

Juned : “iya ya, tapi gimana lagi. Laper par..”

Pardi : “ gini aja, lo semua pada titip gue aja. Gue aja yang jalan. Lo nungguin disini aja. Di bawah pohon ini, adem. Ntar kita makan disini bareng-bareng” *pasang muka rela berkorban*

Kawiyo : “boleh deh, gue makan ayam fillet ya. Brapa sih harganya?”

Pardi : “udah sini 20 ribuan semua, ntar kalo sisa gue kembaliin kok” *tersenyum penuh kejujuran*

Juned : “oke nih”

Nah disini lo harus ngakalin itu duit 60 ribu biar bisa buat makan berempat. Lo beliin aja nasi pecel. Ngomong aja ayam filletnya abis. Kalo ditanyain kembalian, ngomong aja sekarang semuanya naek. Duitnya pas banget segitu. Beres kan... jangan dibuat susah lah... hahahaha..

Nah saran gue yang terakhir biar bisa menghemat uang saku lo para premania dan premanis tercinta. Jangan kebanyakan maen, jangan sering-sering nongkrong di cafe, jangan sering-sering ngajak pacar jalan.. pacaran ngabisin duit.. #jomblodengki. 

Inget kalo lo beli sesuatu, dan ada kembalian recehan. Jangan taroh sembarangan. Taroh di tempat khusus yang aman. Karena itu bakalan berguna banget buat kelanjutan idup lo di masa depan. Masa depan maksudnya kalo duit kertas lo udah abis. Hahaha... hemat hemat hemat. 

Udah ya sampe disini dulu tulisan gue, kalo lo ada saran yang laen buat menghemat uang saku, silahkan tulis aja di kotak komentar man. Oiya ini hampir tahun baru. Selamat tahun baru ya para premania dan premanis. tetep semangat dalam bekarya.. Salam Recehan!

Cara Menolak Mantan Yang Minta Balikan

Sabtu, 01 Maret 2014



Cara menolak Mantan yang minta balikan


Haloooo gaeeess.. apa kabar? Udah sewindu kita gak berjumpa. Masa-massa yang panjang kita lewati tanpa bertatap mata. Dari sebelum bencana banjir dimana-mana, gunung meletus sampai bu risma walikota surabaya ingin mundur kita belom ketemu. Dan sekarang kita dipertemukan lagi, untuk menuntun anda kembali kejalan saya. Hhaha..

Hari ini gue mau bahas tentang mantan man. Iya, mantan. Kenapa? Sedih? Marah? Jengkel? Sama.*bakar kaos couple hadiah dari mantan* #okeskip. Sekarang gue mau tanya sama lo man. Lo pernah gak diajak balikan sama mantan, saat lo lagi PDKT atau bahkan udah jadian sama gebetan lo yang baru? Pernah? Gimana rasanya? Enak? Gak enak? Ya pasti gak enak lah, apalagi lo udah gak cinta lagi sama dia. Ya kan? Nah, ini nih yang mau gue bahas sekarang. Cara Menolak Mantan Yang Minta Balikan. Biar lo bisa bebas dari mantan lo. Baik kan gue? Ya iyalahh... ini dia caranya.

Yang pertama, ngomong sama dia apa yang lo rasain.

Lilis : beb, maafin aku beb. Dulu ak emang salah udah nyakitin hati kamu. Balikan yuk beb....

Pardi : gak bisa lis, aku gak bisa menjalin hubungan lagi sama kamu. Kamu harus tau, perasaan aku ke kamu udah gak ada. Udah gak ada lagi semenjak kamu selingkuh sama pakde ku. Memang benar aku gak punya kumis setebal pakde ku, tapi kamu gak tau kalo dulu cintaku lebih tebal daripada pakde ku.

Lilis : maapin aku beb.. *nangis, mencoba meluk* 

Pardi : sudah terlambat.. *lempar muka, busungin badan*

Itu tadi cara pertama man, ungkapin ke mantan lo kalo lo udah gak cinta lagi sama dia. Lo udah gak mau balikan lagi sama dia. Meskipun sangat menyakitkan, tapi Seenggaknya itu manjur sementara, sampe lo tumbuh kumis tebel #lho.



Yang kedua, ini pasti lo alamin. Mantan masih sms lo terus, masih coba telepon, masih mentions lo, masih komen status lo di fb, masih komen foto lo di instagram, masih ngikutin lo dijalan, masih suka titip salam buat lo lewat temen lo, lewat nyokap lo, lewat adek lo, lewat tetangga lo, sampe lewat pakde lo. #eh kalo udah gitu, lo harus putusin kontak sama dia. Lo harus hapus kontak telepon dia, lo harus ganti nomer. Lo harus hapus dia di twitter, lebih afdol lo hapus aja akun lo sendiri. Hapus akun instagram lo, hapus tetangga lo sama orang serumah lo, biar lo gk dapet salam lagi. Emosii gue!! Aaaaaak. Tapi yg hapus tetangga sama orang serumah jangan dilakuin ya, yang lo hapus pakde lo aja. #eh

Yang ketiga, lo harus bersikap tenang. Ketenangan lo akan buat lo jadi tenang. #apasih. Lo harus bersikap tenang kalo ada dihadapannya. Jangan sekali-kali marah tiap lo ketemu sama dia. Ada yang bilang gini soalnya, “benci itu tanda cinta”. Dan gue gak tau yang ngomong itu siapa. Pengen banget gue nyari tu orang yang bilang benci itu tanda cinta.. pengen gue introgasi. Kenapa ngomong gitu.. enak banget dia bilang gitu. kalo benci itu tanda cinta, berarti gue cinta sama pakde gue dong. Padahal gue kan benci banget. Dia udah ngegebet pacar gue. Iyuuuuuhhh... #okeskip

Yang keempat, tunjukin kalo lo udah move on man. Kalo dia ngajak jalan. Lo harus kasih hal yang buat dia terkejut. Gini contohnya..

Lilis : pardi, mantan terindah ku. Jalan yukk... mau nggak?

Pardi : jalan kemana lis? Males ah paling kamu ngajak balikan lagi.

Lilis : ayo lah par, kita jalan ke J.co aja sekedar ngobrol sambil makan pempek.

Pardi : okedeh, jam berapa?

Lilis : jam 5 ya par, aku tunggu di J.co.

*Di J.co 

Pardi : halo lis.. Ini kenalin gebetan gue yang baru...

Lilis : *terkejut* *mata melotot* *mulut menganga* *air liyur melarikan diri* *bibir atas sebelah kiri kejang* *mata merah* *tangan mulai menunjuk*

Pardi : kenapa lis? *ngelus-elus gebetan yg baru*

Lilis : ini bener gebetan lo yang baru? *nahan muntah*

Pardi : iyaaa... kenapa?

Lilis : DIA KAN PAKDE GUE..!!! *muntah oli samping vespa*

Nah, itu tadi saran dari gue man.cara menolak pacar yang minta balikan. Mudah-mudahan lo terinspirasi dari saran gue tadi. Segini aja dulu ya, besok gue bakalan bahas lagi hal-hal yang lebih menarik pastinya.. dan gue butuh banget kritik dan saran dari lo semua. Bisa komen tulisan2 gue yah.. di kotak komen di bawah. Yang belom follow gue di twitter bisa follow langsung @tarapujantara atau facebook Tara Mangku Sudarmo. Selamat mencoba saran sesat dari gue, tetep semangat dalam berkarya. Salam recehan!! #Premania #Premanis



Sumpah Pemuda

Minggu, 27 Oktober 2013

SUMPAH PEMUDA

Haloo semuanya, kali ini gue nulis bukan Cuma buat blog gue, tp sekarang gue nulis buat majalah keren yang baru launching ini. Yap majalah yang penuh dengan informasi yang sangat penting buat hidup lo dan keluarga lo #Alay. Oiya buat lo yang belum tau blog gue, dan lo yang belom kenal gue. gue kenalan dulu deh ya.. kan pepatah mengatakan, tak kenal maka tak binal. Eh, tak kenal maka tak sayang deng. Kenalin, gue preman dari dunia absurd yang mencoba menceritakan kehidupan gue lewat catatan dari sudut pandang gue sendiri, bukan sudut pandang dari siapun. Lebih tepatnya gue nulis tentang catatan sesat gue. kalo lo mau lebih akrab sama gue, bisa follow akun resminya di @dompetpreman.

Karena sekarang lagi berdekatan sama hari besar indonesia, yaitu hari Sumpah Pemuda. Maka gue berniat buat bahas hari Pramuka. Eh, bukan bukan.. gue mau bahas hari Sumpah Pemuda. #jrengJreng.. 

sebelum gue ngebahas lebih banyak tentang Sumpah Pemuda, gue mau ngingetin lo dulu soal sejarah Sumpah Pemuda. Karena gue yakin, lo pasti gak tau sejarahnya Sumpah Pemuda. Yakan? Yakan? Ngaku aja deh lo. Kalo gak ngaku gue sumpahin lo. *mlotot ala uka-uka*

Nih, gue ceritain. Dalam upaya mempersatu wadah Organisasi Pemuda dalam satu wadah, telah dimulai sejak kongres pemuda pertama 1926. Oleh sebab itu, tanggal 20 februari 1927 telah diadakan pertemuan. Namun, pertemuan ini belum mencapai keputusan yang final. Kemudian diadakan rapat lagi pada bulan Oktober 1928. Dan dihadiri semua Organisasi Pemuda. Yaitu, Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Soematranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Islamieten Bond, Pemoeda Indonesia, jong Celebes, Jong Ambon, Pemoeda Kaoem Betawi, Pemuda Tionghoa, DLL. Dan disitulah mendapatkan hasil rumusan kongres Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda di Bacakan di Bangunan di Jalan Kramat Raya 106 rumah pondokan pelajar dan mahasiswa milik Sie Kok Liong. Dan ini dia sumpah pemudanya.

Sumpah Pemuda

Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga

Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Udah gue ceritain tuh sejarahnya sumpah pemuda. Lo sekarang baru tau kan kalo dulu ada organisasi pemuda? Yaiyalah lo baru tau, orang lo taunya organisasi fans super junior sama organisasi fans smash blast. Iyuuuuhhh....
Gue berani tarohan sama lo, lo pasti gak hafal kan sama sumpah pemuda? Gak usah ngerasa jadi pemuda kalo lo gak hafal sumpah pemuda! #Tegas

Pemuda jaman sekarang 80% hafal sumpah. Tapi bukan sumpah pemuda melainkan sumpah cinta. Kenapa gue bilang sumpah cintaa?? Karena menurut hasil analisa gue, pemuda jaman sekarang lebih keren bila dia berani sumpah cinta daripada sumpah pemuda, sumpah pocong, atau sumfah ana jujurrr #korbanIklan.

Apa itu sumpah cinta?

Sumpah cinta itu, suatu sumpah dan perjanjian yang dilakuan couple jika mereka baru jadian -____- semacam perjanjian kontrak proyek pada sebuah perusahaan. Ya kalii.. biasanya perjanjian ini dilaksanakan ketika couple yang baru jadian terus maen ke kosan dan baru selesai ciu*tiiittt #sensor. Cewek dan cowok saling bertatapan dengan wajah penuh pengharapan, berpegangan tangan, dan bibir basah. Sumpah pun dimulai.

Cewek: Sayanggku cintaku kasihku manisku dan baybehku, aku janji aku bakalan sayang sama kamu selamanya dan aku bakalan jadi yang terakhir buat kamu.

Cowok: aku juga sayang, aku bersumpah tidak akan ada yang bisa memisahkan kita, walau badai menghadang, banjir bandang menendang, puting beliung mengalung di kepalaku aku tetap cinta sama kamu sayang. Sumpah, cintaku Cuma buat kamu.

Dan mereka pun menusuk jari mereka dengan jarum, kemudian berdarah dan disatukan darah mereka, menandakan mereka telah bersatu dalam sumpah. Huaaaaaaaaaa. #Cuih.

ada juga yang kayak gini nih..




Itu sebagian kecil adegan sumpah menyumpah pemuda jaman sekarang. Ada juga yang lebih serem sumpahnya. Tapi gak mau gue bahas, takutnya ntar lo pada muntah darah.


Fyi guys, pemuda pendahulu kita dulu udah susah payah mempersatukan kita para pemuda indonesia. Masa iya kita sekarang malah berpecah belah, malah sering berantem, sering tawuran. Harusnya kita melanjutkan perjuangan pemuda pendahulu kita melanjutkan sumpah mereka yang telah berjuang mempersatukan kita. Gak usah muluk-muluk untuk melanjutkan perjuangan. Cukup peduli dengan lingkungan, cinta damai dan respect sama perbedaan. Perbedaan itu indah bro, jika berjalan bersamaan. Ohh faak, kenapa gue tiba-tiba jadi bijak kayak gini yak. Yaudah deh, daripada gue ntar jadi motivator hidup lo. Gue selesaiin aja dulu tulisan gue ini yah. 

Selamat hari sumpah pemuda, semoga lo semua sadar arti sumpah pemuda. Gue doa’in buat lo yang melanjutkan sumpah pemuda semoga lo yang jomblo langsung dapet pacar, dan lo yang udah punya pacar, sumpah berdarah lo bakalan langgeng -_-. #okeskip. Tetep semangat dalam berkarnya. Salam recehan! @dompetpreman

Serba-serbi Kemerdekaan

Jumat, 16 Agustus 2013

Serba-Serbi Kemerdekaan

Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku... disanalah aku berdiri, jadi pandu ibuku.. Indonesia kebangsaan ku bangsa dan tanah airku.. marilah kita berseru Indonesia bersatu.... hiduplah tanahku hiduplah negeriku, bangsaku rakyatku semuanyaaa... bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk Indonesia rayaaaa... hiduplah Indonesia rayaaaaaaa........ tegakkkkkk grak!. Itulah penggalan lagu Indonesia raya yang barusan gue nyanyiin buat lo semua. Air mata gue selalu netes setiap gue nyanyi ataupun denger lagu ini. :’(

Yapss, selamat hari kemerdekaan buat negara tercinta, semoga makin jaya selamanya tetep jadi Indonesia yang sebenernya yang punya jiwa kuat dan nggak meninggalkan dasar negara Pancasila. Jangan berubah jadi #Idiotnesia ataupun #Indonesialay.

Ngomongin kemerdekaan RI, gue mau ngingetin sama lo tentang sejarah kemerdekaan negara kita. Iya, gue mau bahas banyak di tulisan gue yang satu ini, karena ini spesial hari kemerdekaan negara gue. Gue mau ngasih tau lo gimana pidato presiden pertama kita, pak Soekarno saat membacakan teks proklamasi. Ini dia.

Saudara-saudara sekalian!
Saya telah meminta Anda untuk hadir di sini untuk menyaksikan peristiwa dalam sejarah kami yang paling penting.
Selama beberapa dekade kita, Rakyat Indonesia, telah berjuang untuk kebebasan negara kita-bahkan selama ratusan tahun!
Ada gelombang dalam tindakan kita untuk memenangkan kemerdekaan yang naik, dan ada yang jatuh, namun semangat kami masih ditetapkan dalam arah cita-cita kami.
Juga selama zaman Jepang usaha kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak pernah berhenti. Pada zaman Jepang itu hanya muncul bahwa kita membungkuk pada mereka. Tetapi pada dasarnya, kita masih terus membangun kekuatan kita sendiri, kita masih percaya pada kekuatan kita sendiri.
Kini telah hadir saat ketika benar-benar kita mengambil nasib tindakan kita dan nasib negara kita ke tangan kita sendiri. Hanya suatu bangsa cukup berani untuk mengambil nasib ke dalam tangannya sendiri akan dapat berdiri dalam kekuatan.
Oleh karena semalam kami telah musyawarah dengan tokoh-tokoh Indonesia dari seluruh Indonesia. Bahwa pengumpulan deliberatif dengan suara bulat berpendapat bahwa sekarang telah datang waktu untuk mendeklarasikan kemerdekaan.
Saudara-saudara:
Bersama ini kami menyatakan solidaritas penentuan itu.
Dengarkan Proklamasi kami :
P R O K L A M A S I
KAMI BANGSA INDONESIA DENGAN INI MENYATAKAN KEMERDEKAAN INDONESIA.
HAL-HAL YANG MENGENAI PEMINDAHAN KEKUASAAN DAN LAIN-LAIN DISELENGGARAKAN
DENGAN CARA SAKSAMA DAN DALAM TEMPO YANG SESINGKAT-SINGKATNYA.
DJAKARTA, 17 AGUSTUS 1945
ATAS NAMA BANGSA INDONESIA.
SUKARNO-HATTA.

Jadi, Saudara-saudara!
Kita sekarang sudah bebas!
Tidak ada lagi penjajahan yang mengikat negara kita dan bangsa kita!
Mulai saat ini kita membangun negara kita. Sebuah negara bebas, Negara Republik Indonesia-lamanya dan abadi independen. Semoga Tuhan memberkati dan membuat aman kemerdekaan kita ini!

Nah itu dia pidato dari pak Soekarno saat Proklamasi, gue yakin lo baru tau kan, isi pidatonya kayak gitu?. Pelajaran sejarah lo dapet brapa? Hah? Bolos terus sih lo. Pamit sama nyokap berangkat sekolah, tapi sampe gerbang sekolah doang, abis itu cabut ke rental PS kalo enggak ke warnet. Kalo ketauan pejuang negara bisa di sate idup-idup lo pake bambu runcing. kalo enggak, paling lo di kasihin tentara jepang buat dijadiin shusi (makanan jepang yang pake daging mentah). Berjuang buat merdeka itu susah bro, gak segampang manjat pager sekolahan. Sorry gue kebawa emosi, maklum rasa nasionalis gue tinggi *ngiket kepala pake bendera merah putih*

Gue pernah liat, sering dan banyak banget orang yang salah pengucapan nama negara Indonesia. Ada yang bilangnya “Endonesa”  “Endonesiah” “Indonesah” tapi gue enggak peduli, karena gue yakin hati mereka tetep “INDONESIA”. Fenomena masyarakat indonesia sekarang juga banyak yang berubah. Banyak pejabat yang udah gaji gede. Tapi, masih aja korupsi, enggak mikirin rakyat kecil. Kalo gue bilang itu orang bukan warga negara indonesia tapi warga #Idiotnesia. ada juga perubahan jalan pikiran orang, kayak fenomena sebelum makan. orang gak baca do’a dulu, tp di foto dulu makanannya, trus di upload dulu di fb, twitter, instsgram, path, email, BBM, Blueberry messenger, nexian messenger, friendster, mig33 DLL. -____- sebelum ibadah update sosmed dulu. katanya biar ganteng. Woy, tempat ibadah bukan salon. Kalo orang yang kayak gini gue anggep dia bukan warga Indonesia tapi warga #Indonesialay. #okeskip

Oke, sekarang gue mau ngebahas ada apa aja sih di 17 agustus? Gue bakalan bahas sampe tuntas tas tas, dan ini bakalan jadi tulisan terpanjang gue selama ini. Siapin dulu perlengkapan lo sebelum baca ini. Kalo lo suka beser dan suka kebelit pipis kalo baca tulisan gue, lo mendingan beli pampers dulu deh biar kamar lo gak di samperin semut. Kalo lo suka muntah pas baca tulisan gue, mendingan lo siapin aja peralatan bayi. iya, biasaanya emang kalo yang muntah pas baca tulisan gue, kebanyakan muntah anakan hewan. Kayak anak bekantan, anak orang utan, anak tuyul, anak gembala, sampe anak haram -_____-  udah ya.. udh disiapain? Oke kalo gitu kita mulai pembahasannya.

Yang pertama adalah Upacara Bendera.

Upacara bendera emang wajib bagi para siswa di sekolah negeri dan bagi para PNS setiap tanggal 17 agustus untuk memperingati kemerdekaan RI. Gue cerita dikit tentang temen gue inisialnya @zrgilang dia gak pernah ngerasaain rasanya upacara semenjak SD sampe sekarang dia udah kuliah semester 7. Karena dia sekolah di salah satu sekolah swasta, yang gak pernah ngadain upacara bendera. Nah hari ini dia ikut upacara nih, bukan karena dia penasaran ngerasain gmana rasanya istirahat ditempat waktu pembina upacara ngasih pidato, atau Cuma pengen denger suara emas tim paduan suara upacara. Tapi karena dia skarang lagi PPL (magang) jadi Guru di salah satu sekolah SMA. Nah, orang yang kayak gini nih yang gue takutin. Gue takut karena dia tuh orangnya keren banget. Eh, lebih tepatnya sok keren sih. Dia anak band bro. Yang gue takutin ntar dia upacara pake kaca mata item ala dochi pee wee gaskin. Berasa lagi manggung di outdoor -___- trus ntar dia pake topi snapback ala reper RnB lagi. Kan gak lucu -__- ya semoga aja dia tau tata cara ber-upacara yang benar deh. Amin...

Yang kedua lomba 17an.

Lomba ini biasanya diadain di setiap kampung di seluruh Indonesia untuk mengingat dan mengulang dan lebih tepatnya merasakan perjuangan para pahlawan bangsa. pagi-pagi biasanya diawali dengan jalan santai dulu ngelilingin kampung, dan pasti ada dorprise nya. Hadiahnya macem-macem. Mulai dari yang paling mahal, jam dinding. sampe yang paling murah, 2 bungkus mie instan. -___- 4 tahun terakhir gue selalu dapet hadiah yang paling mahal. Sekarang di dinding kamar gue udah tertempel 5 jam dinding, yang 1 punya gue sendiri, bukan hadiah jalan santai. Banyangin kalo sampe tua gue ikut jalan santai terus di kampung gue, dan gue selalu dapet jam dinding. bisa jadi kamar paling unik nomer 2 versi on the spot kan?

Nah, abis jalan santai. Langsung dilanjutin tuh sama lomba khas 17an. Ada banyak banget lomba yang diperlombakan. dari lomba balap karung, panjat pinang, sepeda lambat, balapan bakiak, sendok dan kelereng, masukin pencil ke botol, makan kerupuk, nangkep belut, nangkep capung, nangkep maling, nangkep copet, nangkep pengendara motor yang gak pake helm.. #okeskip. Banyak banget lah pokoknya. Tapi menurut gue lomba2 tadi kurang menunjukan rasa nasionalis kita sebagai warga negara yang baik, itu juga belom cukup menunjukan bahwa kita seakan-akan berjuang seperti para pahlawan yang telah gugur di medan perang.harusnya lomba-lomba tadi di modif dan ditambahin sama lomba-lomba yang lebih menunjukan perjuangan. Kayak lomba makan kerupuk itu harusnya diganti sama lomba makan karung, lomba panjat kerupuk, masukin sepeda ke botol, bakiak lambat, wajan dan kelereng, masukin pencil ke mulut belut. Ini lebih menantang dan lebih keliatan perjuangannya, iya gak man? *udah bilang aja iya. Ya kan? Ini baru yang namanya perjuangan. Terus kita juga harus menambah lomba-lomba yang lebih variatif, menantang dan mistis #auuuuuuuu...

Gue punya beberapa desain lomba yang cocok buat hari kemerdekaan nih. Mudah-mudahan menginspirasi lo semua buat ngadain lomba ini di kampung lo.

1.   Lomba panjat monas

Lomba ini dilakukan di monas. setiap kecamatan mengirimkan 1 tim untuk mengikuti lomba ini, bayangin tuh. kalo setiap kecamatan se-indonesia ikut semua, kan rame tu monas. Lombanya juga keren. Menantang dan penuh perjuangan. Peralatannya juga dikit kok, tinggal gantungin jam dinding di puncak monas sebagai hadiah utama, terus balur deh tu monas pake oli. biar licin. #Udah gak usah dibayangin.

2.   Lomba nangkep Buaya

Lomba ini sebenernya upgrade an dari lomba nangkep Belut. Gue ngusulin ini karena gue gemes aja gitu loh, kenapa harus nangkep belut? Gak gentle banget, orang indonesia itu pemberani, buktinya banyak tuh yang ngantri pengen ikut uji nyali di tempat angker. Sekarang harus ganti belut sama buaya, biar lebih menantang. Buaya gak punya pistol bro. Bayangin tu pahlawan kita. Dia berjuang melawan penjajah yang semuanya pake pistol. Tips lomba nagkep buaya: pilih buaya yang jomblo biar gampang dideketin. -___-

3.   Lomba nyari Jarum di jerami

Mungkin lo bakal nyerah duluan pas baca lomba ini kan? Jangan nyerah gitu aja. Emang sih agak mustahil nemuin jarum di jerami. Tp inget, man jadda wa jadda. Kalo kita bersungguh-sungguh pasti bisa. Para pahlawan kita dulu juga kayak mustahil bisa mengalahkan belanda dan jepang waktu dijajah.gimana enggak? Kita Cuma punya bambu runcing, merekan punya pistol. Tp pejuang dan pahlawan kita bisa mengalahkan penjajah karena bersungguh-sungguh. Inilah lomba yang paling mencerminkan mental tak pernah menyerah kita. Tp, kalo emang susah kita pake panci aja buat naroh jerami trus kita masukin deh jarumnya biar lebih gampang nyarinya. -___-

yang terakhir nih, gue kasih foto lomba paling unik yang pernah gue liat. #jangan ditiru kasihan emak



Oke, mungkin itu aja lomba yang gue saranin ke lo. Sebenernya masih banyak lagi lomba yang pengen gue sampein dan gue bahas disini. Tapi apa daya, gue lagi buru-buru buat nyiapin mental gue buat ikut lomba makan karung bareng sama bapak-bapak kampung gue. Jadi, ini duluya yang gue sampein. Kalo lo punya desain lomba yang lebih keren, bisa lo share di kotak komen. Inget, semua isi dalam tulisan gue sebagian besar hanya kekhilafan dari pikiran gue. Jika ada salah-salah gue minta maap ya.. ini masih suasana lebaran kan? Minal aidin walfaizdin ya.. *sungkem*

Selamat idul fitri dan dirgahayu indonesia ku.. tetep semangat dalam berkarya. Salam recehan!! @tarapujantara