Welcome to our site

Selamat datang di Dompet Preman. saran dan catatan sesat @tarapujantara menuntut anda berfikir dua kali untuk mencobanya.ingat! tulisan ini dibuat untuk menyadarkan anda dari hipnotis rommy rafael *lhoh #okeskip. selamat menikmati suguhan dari saya. salam Recehan!!!

Cara Mahasiswa Menghemat Uang Saku

Sabtu, 20 Desember 2014



Cara Mahasiswa Menghemat Uang Saku

Assalamualaikum ya.. hoho.. gimana kabarnya? Balik lagi nih gue man. Buat ngasih saran sesat gue dan ngasih lo informasi yang akurat, cerdas dan bermanfaat buat tetangga lo. Kali ini gue mau bahas apa yang diderita sama banyak temen gue, khususnya buat Sidiq temen gue yang sekarang jadi anggota baru atau newbie di KMTBK (Kelompok Mahasiswa Telat Bayar Kos) -__- 

Biasanya mahasiswa itu identik dengan kos-kosan. anak SMA yg mau lulus tuh banyak banget yang mengharapkan bisa tinggal di kos-kosan waktu kuliah. sama kayak gue, gue dulu motivasi kuliah cuma biar bisa hidup dikos-kosan. hidup bebas, tidur gak ada yang ganggu, begadang gak ada yang marahin, dan gak usah ngumpet-ngumpet dulu kalo mau nangisin mantan #eh.

Kalo udah jadi anak kos, awal-awalannya pasti bahagia banget. Hawanya pengen ngajakin semua temen main ke kosan, pengennya semua temen bisa ngerasain pup di jamban kos gue. Ya kan? Iya dong... tapi itu semua akan musnah dalam jangka waktu paling lama 3 bulan, setelah itu... angker. Iya, kosan jadi angker.. karena bapak kos ngejar2 mulu suruh bayar kosan.

Telat bayar kos, bahkan sampe nunggak. Ini sebenernya masalah klasik anak kost. Masalah ini sebenernya udah ada sejak jaman firaun masih SMP. Cuma baru tenar pas firaun beranjak SMA. #apasih. Sebenernya lo bisa aja bayar kos tepat waktu, tapi hidup lo harus di hemat-hemat. Nah, disini gue mau ngasih saran buat lo semua, khususnya mahasiswa, biar bisa menghemat uang saku lo. Di perhatiin baek-baek ya... 

Yang pertama adalah perkecil pembelian barang. Belilah barang yang lo butuhin aja. Jangan beli yang gak lo butuhin sama sekali. Ini biasanya terjangkit di mahasiswi, lo harus nahan buat beli barang yang lo gak butuhin. Contohnya : lo lagi liat DP BBM temen lo, dia jual wajan bentuknya hello kitty. Karena lo suka banget sama tokoh kucing yang gak punya mulut itu, lo langsung beli wajan itu, padahal dikosan lo gak ada dapur. Malah gak ada kompor juga.. trus mau diapain tu wajan? Mau dibuat selancar di jamban? -__- 

Yang kedua, kurangi naek kendaraan motor pribadi. Lo kan mahasiswa man, pasti kebanyakan dari lo semua pake kendaraan kan? Nah. Uang bensin juga harus di hemat. Untuk menghemat bensin, lo lebih baik nebeng temen lo. Suruh jemput ke kosan lo, pake alesan yang berkualitas. gini contohnya:

*chating Line*

Pardi :  “bro, gue mau ngomong sma lo

Kawiyo :  “ngomong apaan par?”

Pardi :  “gue sebenernya udah mau ngomong sama lo dari dulu bro..”

Kawiyo : “ngomong apaan sih? Serius banget.” *mulai penasaran*

Pardi : “gue mau ngomong tapi lo jangan marah ya..”

Kawiyo : “ih, kenapa sih lo par? Iya gue kagak marah.. apaaan!!?” *emosi menggebu gebu, rasa penasaran dicampur perasaan takut kalo berbincangan ini ujung2nya pengungkapan cinta pardi ke kawiyo*

Pardi : “emm.. Gue sebenernya.. Gue..”

Kawiyo : “Anj*ng..! lo cinta sama gue? Lo sayang sama gue??” *keceplosan saking takutnya*

Pardi : “iya bro, tp tenang aja. Gue kagak bakal cinta sama sayang lo lagi kalo lo mau nganterin gue ke kampus”

Kawiyo : “aaaaaaak, oke oke.. gue anterin lo. Tp lo harus janji, boncengnya jangan mepet-mepet” *keringet dingin*

Pardi : “oke babyyy..”

Kawiyo : *muntah samsung galaxy note 4*
 
Nahhhhh,.. itu dia alesan yang paling manjur kalo menurut gue. Biar lo ngirit bensin man. Apalagi bensin sekarang udah naek. Lo harus bisa muter otak lo biar lo berguna. paling enggak berguna buat diri lo sendiri.

Saran gue yang ketiga kalo lo mau menghemat uang saku lo.. lo harus, harus apa ya.. lupa kan gue. Bentar. . . . . lo harus jadi manusia yang paling berguna dari temen temen lo. Nah lo harus jadi Jasa buat temen-temen lo. Lebih tepatnya penyedia jasa. Jasa apaaa?? Ya jasa buat beliin makan temen-temen lo. Belom jelas maksud gue man? Nih gue kasih contohnya:

*Di kampus jam makan siang*

Kawiyo : “Laper nih bro, ke kantin yok makan..”

Pardi : “.......” *clingak-clinguk

Juned : “ayok coy, gue juga laper nih..” *megangin perut*

Aziz : “ sama nih gue juga..” *megang titit* #eh

Pardi : “tapi panas banget bro, tuh liat aja jalanan udah kayak tempat bara bakaran sate bro”

Juned : “iya ya, tapi gimana lagi. Laper par..”

Pardi : “ gini aja, lo semua pada titip gue aja. Gue aja yang jalan. Lo nungguin disini aja. Di bawah pohon ini, adem. Ntar kita makan disini bareng-bareng” *pasang muka rela berkorban*

Kawiyo : “boleh deh, gue makan ayam fillet ya. Brapa sih harganya?”

Pardi : “udah sini 20 ribuan semua, ntar kalo sisa gue kembaliin kok” *tersenyum penuh kejujuran*

Juned : “oke nih”

Nah disini lo harus ngakalin itu duit 60 ribu biar bisa buat makan berempat. Lo beliin aja nasi pecel. Ngomong aja ayam filletnya abis. Kalo ditanyain kembalian, ngomong aja sekarang semuanya naek. Duitnya pas banget segitu. Beres kan... jangan dibuat susah lah... hahahaha..

Nah saran gue yang terakhir biar bisa menghemat uang saku lo para premania dan premanis tercinta. Jangan kebanyakan maen, jangan sering-sering nongkrong di cafe, jangan sering-sering ngajak pacar jalan.. pacaran ngabisin duit.. #jomblodengki. 

Inget kalo lo beli sesuatu, dan ada kembalian recehan. Jangan taroh sembarangan. Taroh di tempat khusus yang aman. Karena itu bakalan berguna banget buat kelanjutan idup lo di masa depan. Masa depan maksudnya kalo duit kertas lo udah abis. Hahaha... hemat hemat hemat. 

Udah ya sampe disini dulu tulisan gue, kalo lo ada saran yang laen buat menghemat uang saku, silahkan tulis aja di kotak komentar man. Oiya ini hampir tahun baru. Selamat tahun baru ya para premania dan premanis. tetep semangat dalam bekarya.. Salam Recehan!

0 komentar:

Posting Komentar